Jorge Lorenzo Juara di Aragon | Melihat hasil balapan marquez salahkan diri sendiri | comeback ke motogp, aprilia kontrak Bautista | MotoGP umumkan kalender balapan untuk tahun 2015 | Lorenzo: Yamaha belum samai honda | Dekati Gelar Juara MotoGP, Marquez Tetap Tenang |

Supra Fit Pake Karburator Supra X125


Punya Supra X lebih besar tetapi tidak berarti boros bensin

Ganti karburator standar Honda Supra Fit X dengan bawaan Supra X125, bisa mendongkrak stamina. “Gak hanya itu saja, konsumsi bahan bakar juga jadi lebih irit. Bila biasanya isi full hanya mampu bertahan 4 hari, sekarang hari ke-5 baru isi bensin lagi,” aku Yudi D, pegawai swasta pembesut Fit X yang tinggal di Depok dan bekerja di kawasan Jl. Radio Dalam, Jaksel.
Secara spesifikasi, venturi karburator Supra X125 memang lebih besar 1 mm dari Fit X yang berdiameter 18 mm. Bukan hanya di bagian itu saja, main jet dan pilot jet, lubang isap, serta diameter juga lebih besar.
Dengan spesifikasi tersebut, bukan tidak mungkin performa Fit X jadi terdongkrak saat mengaplikasi karburator Supra X125. Namun apa yang dirasakan Yudi terhadap besutannya, bisa saja hanya perkiraan saja. Nah biar gak hanya katanya, coba yuk melakukan pembuktian.
Untuk keperlan itu, alat peraga yang digunakan tentu Supra Fit X dan Supra X125 yang hanya diambil karburatornya saja. Agar lebih presisi, untuk performa alat ukurnya Dynojet 250i 
Tanpa penyetelan lebih dulu masing-masing karburator, digas pol sebanyak 3 kali di atas mesin ukur keluaran Amrik itu. Dan hasilnya, dengan masih menggunakan karburator standar performa Fit X berkutat di angka 7,09 dk/6.100 rpm dan torsinya 7,85 Nm/6.300 rpm. 
Sementara dengan mengaplikasi karburator Supra X125, performa Fit X terdongkrak pada angka 7,53 dk/8.200 rpm. Untuk torsi maksium yang dapat dikais setelah ganti karbu sebesar 7,93 dk/8.200 rpm.
Tes dilakukan gak hanya untuk melihat performa yang bisa dihasilkan saja, lo. Selanjutnya dilakukan tes untuk melihat benar-benar jadi iritkah Fit X setelah ganti karbu? Metodenya pengetesan ini, dengan cara pakai langsung.
Rider yang melakukan uji coba kali ini berbobot 58 kg dan kecepatan motor dipatok 60 km/jam. Tiap karbu diberi kesempatan untuk menghabiskan 100 ml bensin yang ditempatkan pada tabung ukur.
Hasilnya dengan pakai karbu standar, Fit X mogok setelah menempuh jarak 6,2 km. Dengan karbu Supra X125, jarak bisa ditempuh jadi 6,6 km. Bila diasumsikan jumlah bensin yang diisikan 1 liter, maka jarak tempuh dengan karbu standar jadi 62 km dan pakai bawaan Supra X125 bisa sampai 66 km.
Kesimpulan
Melihat spesifikasi karburator kedua motor itu, tentu sudah bisa disimpulkan bahwa penggantian itu bisa bikin performa Supra Fit terdongkrak. Dengan spesifikasi yang semuanya lebih besar itu pula, ternyata membuat campuran udara dan bensin yang masuk ke ruang bakar lebih efisien. Dan efeknya, bahan bakar jadi lebih hemat

Sumber : otomotif
.