Jorge Lorenzo Juara di Aragon | Melihat hasil balapan marquez salahkan diri sendiri | comeback ke motogp, aprilia kontrak Bautista | MotoGP umumkan kalender balapan untuk tahun 2015 | Lorenzo: Yamaha belum samai honda | Dekati Gelar Juara MotoGP, Marquez Tetap Tenang |

Ganti Oli Saat Mesin Masih Panas Atau Dingin Yah??


Halo brother biker.. kali ini saya mau membahas tentang penggantian oli sepeda motor, sepeda motor pasti memerlukan oli dan oli tersebut harus diganti berkala dalam jangka waktu tertentu. Namun ada dua pendapat tentang penggantian oli ini, pendapat yang pertama menyarankan sebelum ganti oli mesin harus dipanasin dulu agar kotoran didalam mesin turun kebawah bak mesin. Pendapat yang kedua menyarankan mengganti oli baiknya disaat kondisi mesin masih dingin atau belum dipakai atau disaat pagi hari ketika mesin telah istirahat semalaman. Setelah diskusi dengan beberapa mekanik bengkel resmi, makanik balap dan seorang rekan yang bekerja sebagai Guru Kimia, mereka sepakat lebih baik mengganti oli disaat kondisi mesin dingin (motor telah istirahat semalaman) Kenapa sih?? berikut alasan-alasan yang memperkuat argumentasi tersebut :
1. dikala mesin sudah menginap semalam, secara teori cairan akan mengalir menuju permukaan yang lebih rendah dan yang namanya oli bila mengalir pada saat-saat akhir.. tetesannya mengalir lelet banget  karena sudah menginap semalaman (katakanlah 10 jam).. posisi oli sudah dibagian bawah bak mesin semua. jadi ketika tutup oli dibuka, oli didalam mesin beserta kotoran spontan keluar semua tanpa perlu disemprot-semprot segala  sembari menunggu tetesannya habis, motor dimiringkan kekiri lalu dimiringkan kekanan, diduduki jok belakangnya agar motor “jengat”  agar sisa-sisa oli disela-sela bak kopling bisa ikut keluar 
Lalu kenapa bengkel-bengkel sepeda motor tidak menerapkan cara yang tadi?? yah..Semua kembali pada biker sipemilik sepeda motor… Bila memiliki waktu , lebih baik menggati oli disaat mesin dalam kondisi dingin atau didealer resmi.

Warning!! Jangan menyemprot lubang tempat memasukkan oli dengan angin kompressor, karena angin kompresor mengandung uap air yang bisa menimbulkan karat pada part-part yang terbuat dari logam didalam mesin